Saturday, May 26, 2007

Pasiv income

Menulis Peluang Yang Menggiurkan
M2C2M
Indonesia masih perlutambahan 5000 judul buku lagi tiap tahun untuk menyamai Malaysia

Waw wah.......iya. Jika buat buku murahan saja dengan harga kurang lebih 10,000,- rupiah penulis akan dapat setidaknya 1000,- rupiah dari buku yang laku terjual . Jika buku pesimisnya laku terjual 10 % dari jumlah guru yang ada, katakan 2 juta guru berarti yang beli 200 000 guru, belum termasuk calon guru yang sedang kuliah. Itu saja sudah tergambar nominal yang akan diterima penulis sebesar 200 000 000 rupiah (200 juta rupiah).Memang jumlah guru ada berapa ? . Ok Bagaimana kalau bukunya jadi best seller penulis bilang dan langsung dijawab amin. Dan tahun berikutnya akan terus terima royalty lagi, wa wah.....iya. Dan menariknya dengan M2C2M itu dikerjakan Cuma dalam waktu kotor 2 bulan kalu baru belajar.

Pertanyaanya buku apa yang mau ditulis? Disini letak kemudahan dengan M2C2M karena dua hambatan utama sudah bisa di kurangi . Pertama tidak harus linier artinya memikirkan bagaimana susunannya , bagaimana daftar isinya, dan darimana cari bahannyan serta daftar pustakanya. Kedua tidak harus tahu dahulu apa yang akan ditulis, kalau perlu bidang diluar profesi yang tidak diketahui penulis samasekali. Jadi yang penting tentukan dahulu judulnya itu saja dulu yang dipikir. Setelah judul ada semua jadi gampang.



Pusing ah itu komentar awalnya
Penulis menceritakan kepada istri tentang M2C2M kebetulan dia guru di SMA 3 Jakarta yang semua gurunya harus bisa komputer dan internet. Artinya ada benang merah antara M2C2M dengan status guru yang punya tanggung jawab tambahan sebagai wali kelas dan harus rajin meng up load data nilai lewat internet.

Dia lanjut bertanya: mau nulis apa ? penulis sampaikan kepadanya apa saja, yang terkait dengan sekolah misalnya tentang “walikelas”. Kamukan sampai sekarang juga wali kelas jadi punya banyak bahan dan pengalaman yang bisa ditulis, dan ter lebih dengan M2C2M semua jadi mudah dan tulisan kita bergizi.

Ya coba bantu dan kasih contoh jalannya ,caranya,nanti di buat sama-sama dan bisa buat paper di sekolah respon istri penulis.

Besoknya saya sampaikan kepada istri sambil membuka laptop tentang materi penambah “gizi” yang didapat dari perburuan dengan search engine di internet . Tiga puluh tiga judul artikel atau materi menarik yang berkaitan dengan wali kelas .Penulis perlihatkan kepada istri. Itu didapat dalam tempo 1 jam 11 menit ( data otentik 22/Mei/2007 jam 16:48 s/d 17:59)

Penulis sambil menyambung analisa tentang matematika hasil dari penulisan buku. Jika buat buku murahan dengan harga kurang lebih 10,000,- rupiah penulis akan dapat setidaknya 1000,- rupiah dari buku yang laku terjual . Jika buku pesimis laku terjual 10 % dari jumlah guru yang ada, katakan 2 juta guru berarti yang beli 200 000 guru, belum termasuk calon guru yang sedang kuliah. Itu saja sudah tergambar nominal yang akan diterima penulis sebesar 200 000 000 rupiah (200 juta rupiah).Memang jumlah guru ada berapa ? Kita cek nanti dari internet. Bagaimana kalau bukunya jadi best seller penulis bilang dan langsung dijawab amin. Dan tahun berikutnya terus akan terima royalty lagi, wa wah.....iya . Dan menariknya dengan M2C2M itu dikerjakan Cuma dalam waktu kotor 2 bulan kalau baru belajar menulis tutur penulis.

Berikut ini adalah isi tembolok G o o g l e untuk http://nign.jardiknas.org/cont/data_statistik/index.php
yang direkam pada 18 Mei 2007 04:56:55 GMT
Total guru yang terdaftar: 1.985.079 orang



Sebagai renungan tentang tentang rencana judul wali kelas timbul dalam pikiran , apa dasar yang menguatkan tentang judul itu ?. Dalam pembahasan tentang penulisan ada potensi yang dapat diperhitungkan sebagai kekuatan.
Dalam konteks ini sebagai berikut :

Relevan dengan habitat penulis.Karena Judul akan dipilih tentang Walikelas, berarti sangat relevan dengan habitat penulis sebagai guru.Walaupun dalam M2C2M tidak harus demikian .
Rasa Ingin tahu, ingin belajar.Hampir setiap guru ingin mendapat tugas tambahan sebagai walikelas, tidak hanya ada tambahan tunjangan tetapi bentuk penghargaan sebagai guru yang dipercaya untuk itu.
Validasi tulisan.Dengan stuatusnya istri penulis yang sekarang juga menjadi wali kelas berarti akan mempunyai pengalaman dari pelaku yang otentik.Dan materi yang didapat dari internet semua dicatat sumbernya.
Nilai keunggulan atau teladan.Terlebih penulis pernah mendapat penghargaan sebagai wali kelas terbaik ditahun 2006.Berarti ada bukti nilai yang akan di kemukakan dalam tulisan.
Postur penulis.Karena penulis punya keunggulan dan sebagian mengalami sendiri hal-hal yang ditulis, jadi hal ini bukan hanya sebagai contoh porto folio tetapi menambah bobot postur penulis, dalam judul yang dipilih
Kecepatan dan kemudahan (dalam menulis dan mencari gizi materi yang relevan).Dengan M2C2M hambatan kelambanan dan kesulitan dalam menulis dam mencari data dapat teratasi.
Menulis buah pikiran kolektif. Dengan kesepakatan akan ditulis bersama dengan suami berarti ada mozaik yang saling mengisi ,yaitu metoda penulisan dari suami hal lain tentang penuturan pengalaman walikelas dari istri. Menulis tidak harus semua asli penuturan penulis , termasuk boleh bahan penuturan orang lain atau kutipan dari suber lain yang relevan untuk dikemukakan.
Punya nilai edukatif atau berguna bagi pembacanya.Banyak guru, bahkan walikelas baru yang tidak tahu peta tugas yang diembannya.dan hal ini akan merugikan pihak lain bukan hanya karena hak dan kewajiban yang tidak selaras tetapi proses belajar dan mengajar tidak maksimal.Terlebih merugikan anak didik.
Jumlah peta calon pembaca atau pembeli.Wali kelas diperlukan dari timgkat sekolah dasar SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, sekolah menengah pertama SMP kelas 1, 2, 3, dan sekolah menengah atas SMA kelas 1, 2 , 3 , dan hampir setiap guru ingin jadi wali kelas atau ingin tahu bagaimana menjadi wali kelas.
Redaksi judul yang menjual.Untuk ini akan usulkan judulnya Wali Kelas Idaman
Kemasan Sampul. Sepenuhnya akan diserahkan kepada profesionalisme tim di penerbit
Dukungan. Karena penulis sebagai guru senior mempunyai kolega yang strategis dan kontekstual jika dapat mintakan sambutan atas terbitnya buku ini.Baik dari dari kepala sekolah Dra. Wike juga dari Drs. Tatang di Kanwil maupun Drs Suyitno sebagai kepala sekola SMA 6 Serta dari Drs. Edy MM MPD di Pemda Bidang Pendidikan.
Kepeloporan dan embrio kesinambungan. Tulisan ini diharapkan bisa menjadi kesinambungan untuk inspirasi penulisan berikutnya dengan judul-judul Guru Matematik Idaman, Guru Sejarah Idaman, Kepala Sekolah Idaman, Wakil Kepala Sekolah Idaman, Ketua Kelas Idaman dan seterusnya.
Potensial Jadi buku Wajib Resmi. Dalam hal ini mungkin belum punya jatidiri, sangat tergantung pihak lain. Tetapi dengan judul Juara Kelas Idaman
akan lebih mendekati. Terlebih dalam penyusunan melibatkan beberapa wakil pelaku rangking 10 besar tiap kelas dari setiap kelas dan dengan survei data aspek lingkungan belajar dirumah dan lainnya.


Kape, kalimat penggugah. Kalimat penggugah setalah judul sangat penting baik kepada calon pembeli maupun pembaca.Bahkan baik sekali setiap setelah sub judul diberi “kape” , karena kape bisa sebagai penyeimbang antara kerja IQ dengan kerja EQ dari dua otak yang berbeda letaknya.Sehingga ada spirit pembaca untuk melanjutkan bacaannya.
Dalam hal ini akan dibuat :

Wali Kelas Idaman
Enak yah, apa suka-duka dan kriterianya ya jadi Wali kelas?
Sebaik-baiknya guru jika bisa jadi guru idaman

Gaya penulisan. Walaupuan pada M2C2M tidak dibahas tentang gaya, artinya terserah , bebas. Dalam kesempatan ini akan ditulis dialog antara pengalaman peraturan kejadian atau penuturan yang terinspirasi atau kutipan dari intrernet.Redaksi pennyusunan akan dikerjakan paling belakang setelah bahan tulisan terkumpul dalam sub-sub judul tulisan. Untuk mudahnya ingat buku “chicken soup for the soul” yang penting tiap kelompok tulisan ada sub judulnya lalu susun tidak dari sistimatikanya yang linier, tetapi disusun dari sub judul yang menarik diselang seling dengan sub judul yang informatif atau edukatif misalnya peraturan, kewajiban, tugas walikelas dan seterusnya lalu jadi bahan daftar isi bisa di susun.

Sepertinya penyusunnan buku sudah limapuluh persen jadi dan akan kita lanjutkann teknis penerapan M2C2M dari data yang telah terkumpul dari dunia maya.

Dalam persiapan penulisan tidak akan diawali dengan kerangka ataupun daftar isi sebagaimana layaknya penulis dahulu membuat buku atau laporan, tesis, skirpsi.Kemudahan diawali dari mengali bahan yang di dapat dari dunia maya terlebih dahulu artinya biar suami jalan lebih dahulu dan istri tulis-tulis bahan dan kumpulkan bahan sendiri. Nanti di gabung. Ini ciri ciri penulisan M2C2M. Boleh saja istri menambah kutipan dari bahan yang dia punya terkait tugasnya atau koresponden yang dia punya.




. Total di Jawa ada 1 juta guru
Berikut ini adalah isi tembolok G o o g l e untuk http://nign.jardiknas.org/cont/data_statistik/index.php
yang direkam pada 18 Mei 2007 04:56:55 GMT

No comments: